Site Overlay

Tips Memperindah Lantai Rumah yang Bisa Anda Pergunakan

Salah satu bagian rumah yang sering kita lihat di dalam rumah selain dinding adalah bagian lantai. Lantai rumah yang biasa-biasa saja boleh jadi membuat Anda bosan berada di rumah. Maka tidak ada salahnya dengan mencoba beberapa tips memperindah lantai rumah dari kami. Konsep rumah bernuansa alam yang asri dan alami sedang menjamur belakangan ini. Maka tidak ada salahnya Anda untuk mengganti konsep lantai rumah Anda dengan lantai vinyl.

Lantai vinyl sendiri adalah penutup yang berfungsi menutupi lantai rumah Anda tanpa perlu membongkar ulang. Jadi cukup ditempel saja. Meski begitu, keawetan dari lantai vinyl ini sendiri tidak bisa diragukan lagi.Selain awet dan tahan lama, kelebihan lantai vinyl dibanding dengan yang lainnya terletak pada harga lantai vinyl yang amat bersahabat. Anda bisa membeli lantai vinyl mulai dari Rp. 100. 000 sampai dengan Rp. 180.000 permeter persegi. Tergantung bahan dan motif seperti apa yang Anda inginkan.

Tips memperindah lantai rumah

Apa saja sih tips memperindah lantai rumah?

  1. Mengganti dengan lantai kayu

Selain lantai vinyl, salah satu tips menggunakan penutup lantai kayu. Banyak yang sudah berpindah dari penutup lanyai biasa dengan penutup lantai kayu.Kelebihan memasang penutup lantai kayu dibanding yang lainnya, ialah karena lebih kuat, karena bahan dasar lantai kayu ini sendiri terbuat dari kayu asli tanpa campuran bahan lain. Tentu saja awet dan tahan lama. Penggunaan lantai kayu bisa tahan sampai bertahun-tahun.

Lantai kayu sendiri mempunyai banyak variasi motif dan warna tergantung dari jenis kayu yang dipilih. Biasanya lantai kayu terbuat dari jenis kayu keras, seperti; kayu jati, merbau, berkirai, sonokeling, keruing, ulin, atau jenis kayu keras lainnya.Selain kelebihan di atas. Lantai rumah yang menggunakan lantai kayu sebagai alasnya memiliki nilai invertasi tinggi untuk masa mendatang.Kekurangan lantai kayu ini sendiri terletak pada harganya yang lumayan mahal, sehingga tidak semua kalangan dapat menjangkaunya.

  1. Mengganti dengan lantai kayu laminated

Berbeda dengan lantai kayu yang terbuat dari seratus persen kayu tanpa bahan campuran. Penutup lantai kayu laminted adalah penutup lantai yang terbuat dari serbuk kayu yang dicampur dengan berbagai material kimia lainnya sehingga membentuk lembaran papan yang biasa disebut juga papan PVC. Hampir mirip dengat tripleks, tapi lebih kokoh dan halus.

Untuk motif kayunya sendiri dihasilkan dari foto motif kayu yang dicetak mesin, kemudian di pasangkan pada permukaan lantai kayu laminated. Banyaknya motif yang lebih beragam dibanding lantai kayu menjadi sarang yang bagus.Sayangnya untuk daya tahan lantai kayu laminated sendiri tidak sebagus lantai kayu atau lantai vinyl. Ketika lantai kayu laminated tergores, maka akan susah untuk diperbaiki.

Tips memperindah lantai rumah

  1. Mengganti dengan lantai granit

Berbeda dengan penutup lantai kayu, kayu leminated, dan vinyl yang memberikan nuansa alam dengan motif kayu. Lantai granit memberikan kesan bebatuan nan elegan dan mewah pada bangunan rumah Anda. Meski begitu, peminat untuk lantai granit sendiri tidak kalah banyak dengan jenis lantai-lantai sebelumnya. Padahal biaya untuk membeli lantai berbahan dasar batu alam yang satu ini juga tidak murah.

Untuk ukuran enam puluh meter persegi lantai granit Anda harus mengeluarkan kocek sebesar Rp. 120.000 sampai dengan Rp. 200.000 tergantung motif, jenis batuan granit, dan tempat Anda membeli.Tapi tidak perlu khawatir, harga yang ditawarkan sesuai dengan kwalitas lantai granit yang kokoh dan memberikan kesan mewah.

Sedikit saran ketika memilih lantai granit sebelum Anda membeli lantai granit, tentukan dulu di mana Anda akan menempatkan lantai granit pada ruangan Anda. Tentukan juga warna dan corak batu yang sesuai dengan furniture rumah. Untuk lantai granit berwarna gelap, maka sebaiknya Anda memakai sofa, meja, atau kursi yang berwarna terang agar terlihat kontras dan serasi.

Begitu juga untuk lantai granit berwarna terang, akan lebih bagus jika dipadukan dengan furniture berwarna gelap.Kekurangan lantai granit sendiri lebih mudah kotor dan tidak tahan terhadap noda. Jadi Anda harus sering-sering membersihkan lantai granit rumah Anda.Cara membersihkan lantai granit Anda tidak perlu menggunakan air. Cukup dengan mengusap lap yang lembab pada pemukaan lantai, kemudian setelah itu, jangan lupa untuk langsung dikeringkan dengan lap kering.

Dalam dua atau tiga minggu sekali gunakanlah pembersih lantai khusus granit agar terhindar dari noda kerak. Jauhkan dari cairan asam atau bahan yang bersifat abrasif. Untuk menghindari goresan, gunakan alas kain yang tebal pada alas furniture Anda.Demikian tips memperindah lantai rumah Anda. Semoga bisa memberikan referensi yang sesuai dengan desain yang Anda inginkan.

1 thought on “Tips Memperindah Lantai Rumah yang Bisa Anda Pergunakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *