Site Overlay

Sejumlah Trik Merawat Lantai Rumah Berdasarkan Bahan Dasar Materialnya

Membersihkan dan merawat lantai rumah sepertinya terlihat sebagai hal yang sepeleh, tapi ada beberapa trik merawat lantai rumah yang harus Anda perhatikan. Misalnya, Anda tidak bisa menyamakan cara membersihkan lantai vinyl menggunakan bahan ber-Ph tinggi seperti cuka atau baking soda untuk membersihkan lantai marmer/granit.

Pemilihan perawatan lantai rumah harus disesuaikan dengan jenis bahan lantai rumah agar tidak salah jalan dan malah membuat lantai rumah Anda kotor.Setiap bahan lantai memerlukan perawatan yang berbeda agar tampilannyaterusterjaga.

trik merawat lantai rumah

Trik merawat lantai rumah menurut spesifikasi materialnya

  1. Lantai vinyl

Pada umumnya lantai vinyl sangat kuat terhadap berbagai kondisi, bahkan di area yang memiliki trafic lalu lintas tinggi. Namun demikian, adastrikang menggunakan lantai vinyl sebagai permukaan alasnya agar tetap steril. Cobalah untuk membersihkan tumpahan air sesegera mungkin.

Apabila Anda tidak sengaja menumpahkan air pada lantai vinyl, sebaiknya langsung lap dan keringkan. Meskipun itu hanya air putih atau jus yang bisa mengering dengan sendirinya. Kenapa? Lantai vinyl, walau kuat, dia rentan sensitif terhadap air. Kandungan air dapat membuat lantai cepat berkerut, dan mengelupas, atau bahkan menimbulkan tumbuhnya jamur.

Jika lantai vinyl Anda terkena noda, lakukanlah pembersihan menggunakan cuka masak. Kandungan asam yang tinggi yang terdapat pada cuka, bisa mengangkat noda pada lantai vinyl atau lantai kayu.Lantas kemudian baru pel atau bersihkan dengan produk pembersih lantai komersial yang dibuat khusus untuk membersihkan lantai vinyl.

Acap kali secara tidak sengaja lantai vinyl Anda akan tergores, dan memang, lantai vinyl rentan sekali terkena goresan. Goresan tentunya akan menggangu keindahan lantai rumah Anda, bukan? Lantas apa yang harus dilakukan untuk membuatnya indah kembali?

Tenang saja! Anda cukup mengambil sedikit minyak lalu tuang pada selembar kain, kemudian oleskan pada bagian lantai vinyl Anda yang tergores. Jika goresan pada lantai vinyl itu ringan, cukup lakukan trik ini saja. Tapi jika sudah lebar atau besar, sebaiknya Anda copot dan lakukan perbaikan. Selain cuka, baking soda juga ampuh digunakan untuk membersihkan lantai vinyl. Kandungan yang terdapat pada baking soda terbukti bisa mengangkat noda menempel pada lantai vinyl.

  1. Lantai Granit
  • Lantai granit yang memiliki banyak pori-pori pada permukaannya membuat perawatan lantai rumah berbahan dasar granit menjadi lebih susah. Terlebih saat mengepel, air pel malah bisa menjadi noda pada lantai yang susah dihilangkan. Untuk lantai granit yang baru saja dipasang, cobalah untuk menghindari membersihkan lantai dengan pel basa. Memang tidak akan merusak lantai, tapi pel basah bisa menorehkan goresan kecil yang akan membuat lantai Anda tidak mengkilap padahal baru saja dipasang.

Disarankan untuk menggunakan lap debu microfiber kering atau vacoom cleaner. Cobalah membersihkan lantai granit setiap hari dan segeralah untuk mengeringkan tumpahan air di permukaan lantai granit untuk menghindari noda yang bisa tertinggal di permukaan lantai granit Anda.

Pastikan Anda mengeringkan permukaan lantai granit dengan kain yang benar-benar menyerap air dan hindari mengeringkan dengan gerakan kasar. Sifat material granit, hampir mirip dengan karpet yang mudah sekali menyerap air. Jika Anda telah melakukan langkah-langkah di atas namun lantai granit di rumah Anda tetap tidak cukup bersih, jangan ragu untuk menyewa jasa ahli yang siap membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

  1. Lantai Ubin Keramik

Dibanding dengan dua jenis lantai di atas yang terbuat dari ubin keramik mungkin akan paling banyak digunakan. Nyatanya penggunaan ubin keramik sebagai lantai rumah menjadi yang paling sering kita temui di setiap bangunan.

Perawatan lantai ubin keramik sendiri cukup mudah.

Tinggal disapu dan dipel setiap hari sudah cukup untuk membuat lantai ubin Anda bersih. Namun ada kalanya, ubin keramik juga perlu dibersihkan secara khusus. Sikatlah bagian sambungan keramik atau nat agar tidak ditumbuhi jamur. Bagian ini cukup disikat sebulan atau beberapa pekan sekali. Sesuaikebutuhan.

trik merawat lantai rumah

Jika ada tumpahan noda makanan atau minuman di lantai ubin Anda, segera bersihkan. Misalnya ada noda rendang yang jatuh, segera ambil sabun terlebih dahulu.Ketika sudah tidak terasa lengket, pembersihan dapat dilanjutkan dengan pembersih lantai komersial yang mudah didapatkan di warung-warung atau minimarket.

Sementara jika lantai ubin keramik Anda terkena tumpahan cat, gunakanlah tiner terlebih dahulu, lantas dilanjutkan dengan pembersih lantai. Begitulah trik merawat lantai rumah.Untuk perawatan terlebih, ketika Anda memindahkan furniture cobalah mengangkatnya dengan hati-hati.Semoga bermanfaat.

1 thought on “Sejumlah Trik Merawat Lantai Rumah Berdasarkan Bahan Dasar Materialnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *